Thursday, July 30, 2009

UP -- Reach Ur Dream


Terinspirasi dari film UP...

Salah satu film keluaran dari Walt Disney ini diawali dengan pertemuan seorang bocah laki-laki pendiam (Fredrick) dengan seorang gadis cilik yang lincah dan periang (Ellie).

Ellie mempunyai suatu dream book yang diisi dengan petualangan-petualangan yang ingin dia lakukan. Dan salah satu impian terbesarnya adalah untuk pergi ke air terjun di Amerika Selatan. Ia ingin membangun sebuah rumah yang catnya berwarna-warni (seceria Ellie) di atas puncak tebing di mana air terjun itu berada. Dan singkat cerita, Ellie kecil ini berhasil membuat Fred berjanji untuk membantunya mencapai impiannya itu.

Akhirnya Fred dan Ellie menikah dan membangun rumah berwarna-warni seperti impian Ellie, dan Fred masih menyimpan janjinya untuk membawa Ellie tercinta ke air terjun impiannya. Mereka berusaha menabung, tapi selalu ada saja yang membuat tabungan itu terpakai habis.

Hari demi hari berlalu, bulan berganti bulan, dan tahun berganti tahun, tak sadar mereka telah menjadi tua. Ellie pun jatuh sakit dan meninggal. Fred tua sangat sedih dan masih terus menyimpan janjinya pada Ellie, hingga suatu hari ia memutuskan untuk mengikatkan rumahnya dengan berjuta-juta balon hingga rumah itu bisa terbang. Ia mengarahkannya menuju air terjun impian Ellie.

Ada banyak sekali pelajaran yang saya dapat dari film sederhana yang hanya berdurasi 1.5 jam ini.

1. Kejarlah impian kita selagi kita masih sempat dan mampu, karena akan tiba waktunya di mana sekalipun kau sangat ingin, kondisimu tidak lagi mendukungmu (bisa jadi kesehatanmu,tanggungjawabmu,dll)

2. Terkadang untuk mencapai suatu impian, kita hanya butuh untuk melangkah (Fred bisa saja membawa rumahnya terbang ketika Ellie yang sangat dicintai masih hidup, tapi justru dy melakukannya ketika Ellie sudah tiada.. sangat menyesakkan hati (hikz..)

3. Ada banyak impian manusia di dunia, masing-masing impian bisa saling bergandengan, tapi terkadang juga harus saling berbenturan, tinggal kita memilih antara ego atau kebahagiaan orang yang kita cintai/kebaikan bersama (Fred terlalu berfokus pada impian Ellie dengan pengertiannya sendiri. Dia berpikir bahwa satu-satunya impian Ellie hanyalah untuk tinggal di air terjun impiannya, padahal Ellie telah rela ketika pd kenyataannya, seumur hidup ia tidak berhasil meraih impiannya, karena petualangan hebat yang diidam-idamkannya itu telah digantikan oleh setiap detik kebersamaannya bersama Fred, yang merupakan pengalaman paling berharga dan tak tergantikan oleh apapun).

Di sini juga membuktikan bahwa komunikasi antar partner sangatlah penting. Seberapa lama pun kita bersama-sama dan dekat dengan seseorang, kenyataannya kita tidak akan seperti God yang bisa mengerti 100% isi hati yg terdalam dari partner kita, karena itulah penting sekali untuk membangun komunikasi dua arah yang terus-terusan :)

4. Terkadang impian kita hanya membawa kepuasan atas ego kita tapi bisa menghancurkan
orang lain (si tokoh antagonis -- kalau tidak salah Charles Hunt-- ia terobsesi untuk memulihkan nama baiknya dengan mendapatkan burung langka, selama bertahun
tahun ia hidup terasing hanya untuk memenuhi impian dan obsesinya itu. Hal yang
positif tentang kegigihannya, tapi tak sadar ia telah mengorbankan sisa hidupnya dengan begitu saja. Selain itu ia nyaris menghancurkan kehidupan dan impian Fred
dan Russel kecil yang tak sengaja masuk dalam petualangan tsb).

5. Terkadang untuk membangkitkan impian baru, kita harus melihat hidup dari sisi yang lain. Kebahagiaan tidak hanya timbul ketika kita memenuhi impian-impian kita, tapi seringkali timbul ketika kita menolong orang lain untuk mencapai impian dan kebahagiaannya :)

Well.. impian harus dikejar, tapi haruslah dengan hikmat.
Apabila impian itu membangun diri kita tapi mengorbankan kebahagiaan orang lain terutama orang-orang yang mengasihi kita ataupun kita kasihi), sebaiknya kita pertimbangkan lagi.
Bahkan mungkin lebih baik kita diskusikan dengan orang-orang tersebut, siapa tahu mereka punya jalan tengah yang baik buat kebahagiaan bersama :)


0 comments:

Post a Comment

Sound Of Heart Designed by Ipietoon © 2008

Back to TOP